Cari di Blog ini

Memuat...

Translate

Gunakan Ctrl+F untuk mencari kata dalam halaman ini

Kamis, 01 Juli 2010

Gus Dur dan Misteri Ilmu Laduni (2)

Oleh : KH. Nuril Arifin (Gus Nuril Arifin)



Ini adalah tulisan (note) ke-7 Gus Nuril Arifin di facebook yang dibuat tanggal 2 April 2010.

Berikut adalah Note Beliau Gus Dur dan Misteri Ilmu Laduni (2)


Nur ala Nur, Dalam Tapak Tapak Ghaib

Maha suci Allah yang menghiasi hati hamba nya yang khusus dengan cahaya kewalian,dan solawat serta salam bagi sang khoirul anam sumber Laduni yang tiada terperi.Nabi tak pernah belajar dan tak pernah sekolah sehingga dikenal dengan laqoban (julukan) ummi.Namun julukan buta huruf ini tidak membuat beliau canggung bahkan menunjukan kemurnian wahyu Allah.

Maka yang barang siapa dalam solat subuhnya membaca solawat ummi,"Allahuma sholi ala sayidina Muhammadin nabiyi umiyi wa ala alihi wasohbihi wa salim, dia akan mendapatkan syafaat tidak pernah tersentuh oleh panasnya api neraka.

Salah seorang teman seperjalananku dari pertama melihatku di bandara A Yani semarang,sampai menaiki tangga pesawat yang akan terbang ke Jakarta memperhatikan gerak geriku.Saya hanya tersenyum,hal semacam ini biasa saya alami.Bukan bermaksud GR ,karena memang penampilanku sangat berbeda,orang bilang saya seperti pemburu hantu.Bahkan ketika saya ceramah di Pandeglang Banten,santri santri abah Aceng, putra Abuya Dimyati pada keluar minta salim denganku karena menganggap ,saya ini Imam Samodra hahahahahahaha .Padahal TV memberitakan Imam samodra sudah di eksekusi.ah saya melanjutkan perenungan setelah duduk di kursi pesawat.Lumayan batinku satu jam bisa menelesaikan dzikir solawat harianku.

Teman seperjalananku itu ternyata tidak men sia siakan kesempatan ,sebelum saya tenggelam dalam kelembutan dzikir yang mampu mengeluarkan energi luar biasa,sehingga menembus arasy dan laukhul mahfud,sang teman yang berjenggot pendek dan celana komprang ini mengatakan :
Gus Nuril sungguh saya tidak mengerti dengan tulisan ilmu laduni njenengan di face book kemarin.
Weeee laadalah,jawabku dalam hati.

Karena saya memang tidak percaya pada ilmu laduni.tambahnya bersemangat membuka diskusi
Wah gak bisa dzikir nih,baiklah akan saya jelaskan si"Ulama trans Nasional" meminjam istilah Gus Dur menamai ulama ulama muda yang bartu lulus sekolah di qatar,madinah dan mesir.dan akhirnya terbawa faham wahabi. yang biasa bawa kompor ke masjid masjid ini.
Memang banyak orang yang tidak percaya,belum percaya dan sama sekali tdk mungkin mempercayai,terhadap ilmu khusus yang diberikan Allah lewat cahaya kewalian kepada para ahlit thoriqoh dan ahlus sufi ini.

Padahal ilmu laduni lebih kuat dan lebih kuat gambarannya dibanding ilmu ilmu lain yang dipelajari manusia di kelas atau lewat buku.

"Sungguh saya tidak kuasa menggambarkan dan membayangkan bahkan memahami apa itu ilmu Ladun ,yang diperoleh dari pemikiran dan periwayatan tanpa belajar dan berusaha"
saya hanya tertawa,kadang memang oang tidak berfikir bahwa di hidup memiliki jiwa,dan jiwa itu adalah gaib,tanpa meminta seonggok daging yang teraliri darah serta berasal dari nutfah atau air mani yang menempel di diding rahim ibunya itu tiba tiba memiliki telinga,dan sang bayi setelah genap 4 bulan kemudian tanpa menulis surat yang berisi permintaan kepada malaikat Jibril,atau Mikhail, Allah meniupkan ruh Nya .maka hiduplah daging itu dengan jiwa dan Ruh Allah.Apakah Ruh Allah itu tidak ghaib.?? Dan Ruh Allah itu ghaib dan mahluq ghaib seperti setan dan malaikat tidak pernah melihat Ruh nya sendiri.Dan Ruh ini bahkan tidak dipelajari,sehingga tidak butuh pemikiran dan periwayatan.

Memang benar yang dia kemukakan adalah ilmu Fiqih dan tafsir al Qur'an dan ilmu kalam semata,dia tidak menyadari benar bahwa dirinya ditempeli oleh jantung yang gerak jantung itu sama sekali tidak terpengaruh oleh komando otak,tetapi bergerak sendiri.Lalu siapa yang menggerakan. ?

Maka Allah seolah menjawab kebingungan kita semua dengan berfirman; Wayas alunaka anil ruhi,quli Ruhu min amri Robbi,wama utitum minal ilmu ila qolilan (qs Al Issro' ;85) " Wahai muhammad kalau ada orang yang bertanya tentang Ruh,jawablah Itu urusan Robb ku,dan aku hanya diberikan ilmu sangat sedikit.
Tetapi tidak ada ilmu ilmu yang diperoleh kecuali dengan belajar dan mencermati .tambahnya lagi,tidak faham juga.

Saya jawab Benar,lalau bagaimana mengetahui ilmu tafsir ,padahal alqur'an adalah samodra yang sangat luas dan mencakup segala persoalan. Bahkan jika lautan di jadikan tintanya dan daratan serta tetumbnuhan dijadikan pena dan kertasnnya tidak mungkin menuliskan ilmu Allah yang ada dalam alqur'an mushaf atau alqur'an yang tidak tertulis.Inna fi kholqis sama wati wal ardhi......

Sebenarnya tafsir bukan hanya yang ditulis oleh Al Qusyairy,Al Tsa Laby,dan al Mawardi dan mufasir lainnya,ada juga tafsir sufistikyang di tulis oleh Al Imam Al Sullamy,beliau mengumpulkan kata kata hikmah yang ada dalam buku tafsirnya.Tetapi sungguh Rosulullah mengingatkan kita jangan berdebat tentang ilmu tanpa mengenal siapa yang diajak debat,karena hanya akan menghasilkan fitnah,musti kembali kepada alqur'an dan hadis Nabi.Karena bagaimana mungkin orang yang belum pernah minum kopi diajak bercerita tentang tasa kopi Tugu Luwak,Kapal Api atau tora bika bahkan kopi ajgung gilingan yu yenm di desa toroh Purwodadi jawa Tengah ? maka orang yang belum mereguk manisnya hakekat sangatlah tidak mungkin merasakan nikmatnya ma'rifat.Sudah beranjak dari bagian bagian ilmu,tongkatan,pasal pasal hakikat,dhohir bathin.

Seorang terkenal sangat alim suatu saat mendatangi majelis Ta'limnya Imam Malik,dia duduk berhari hari,tetap saja tidak faham dengan ilmu yang dibahas oleh imam Malik.Lalu orang itu setelah menunggu para santri pulang,mendekat kepada Imam Malik.Imam Malik ternyata sudah memahami kesulitan orang ini tanpa bertanya,dia mengatakan : Wahai saudaraku Tariklah nafasmu dengan menyebut Huwa (baca hu) dan lepaskan nafasmu dengan lafadz Allah. Lakukan setiap hari 10.000 kali selama setahun lalu datangkembali kesini.Selama engau melakukan itu gak usah membaca apapun ,kecuali solat.

Maka setahun kemudian Imam Malik salah satu pemimpin madhab ,dari 4 madhab besar yang tinggal di Madinah ,dan senantiasa berjalan kaki,karena hormatnya kepada tanah dimana dimakamkan yang ulul azmi itu,melihat ada ulama yang dulu pernah di minta berdzikir nafas.Sebelum ulama itu bertanya Sang penulis kitab Al Muwathok yang amat terkenal sebagai panduan fiqih paling runtut di dunia itu mengatakan bagaimana hasilnya.

Wahai orang yang mencintai Allah dan rosulnya,sekarang aku tidak usah bertanya lagi dan mengeryitkan jidta karena bingung dan tidak mampu menafsirlan ilmumu.Karena ketika engkau membaca hadist dan ayaat ayat alqur'an,akau langsung mengerti arti dan rahasia rahasia dari ayat tersebut.Bahkan sebelum engkau melafadzkan ayat aku sudah tahu bahwa engkau akan melafadzkan ayat yang artinya demikian demikian.......Pembaca yang budiman tahukah engkau siapa ulama yang demikian luar biasanya itu sehingga mampu mengerti rahasia ayat sebelum dilafadzkan seseorang ? dia adalah Ibnu Abad.Ulama sufi yang sangat zuhud dan luar biasa manaqib hidupnya karna dia selama 40 tahun solat diimami oleh rosul sendiri.padahal rosul sudah meninggal di zamannya.


Fenomena Gus Dur

Hampir 35 tahun saya menjadi sahabat Gus Dur,dan sangat intensif persahabatan kami setelah Gus Dur dilengserkan secara curang oleh lawan lawan Politiknya.Dengan dalih menggunakan dana sumbangan dari temannya di Brunai Darusalam,sebesar Rp 19 Milyar,dia diturunkan jabatannya sebagai Presiden. Dengan semena mena tanpa pembuktian hukum, beliau dilengserkan,padahalsekarang ini kasus bank century yang merampok Rp 6,7 trilyun atau Rp 6.700 milyar dibiarkan saja. Is Okey,saya tidak akan membahas itu dalam tulisan ini ,hanya sekedar menunjukan kedekatan saja.Barangkali juga sebenarnya saudaraku semua pernah mendengar Pasukan Berani Mati,? dengan anggota sebanyak 380.000 personil,? semua itu menunjukan hidmad yang kami tampilkan untuk sang Waliyullah bernama Abdurahman Ad Dakhil Wahid,yang lebih dikenal dengan sebutan Gus Dur atau Abdurahman wahid saja.Nama ini 5 tahun sebelum beliau wafat,minta di abadikan sebagai nama salah satu pesantren kami yang ada di Jakarta Timur.

Hampir lima tahun terakhir saya bersama dengan Kang Wahid (Kang Acun) dan Guntur Romli serta Kang Junaidi,dan Sulaiman,mendampingi beliau dalam kongkow Bareng Gus Dur.Kongkow ini di lansir oleh kantor berita 98 H,di jalan utan kayu,dan karena terasa merakyat gaya bertuturnya Gus Dur,maka kemudian ada sekitar 145 radio FM di seluruh Indonesia mengumandangkan dialog dialog segara dengan beliau.

Saudaraku,beliau masih menghafal sastra sastra arab klasik yang dikarang 100 abad lalu.bahkan buku buku kuno yang saya harus memeras otak untuk mengerti dia lalap dengan gampang dan masih mengingat detail halaman dan kutipan kakinya.Radio menjadi bagian yang yang tidak terpisahkan dengan Gus Dur.Semula kami siaran sendiri sendiri.Di Jakarta News FM,Gus dur siaran pagi dan saya siaran sore.Gus Dur tentang budaya,dan Saya tentang tasawuf dan pertanian.plus Politik.Namun setelah dianggap oleh pemerintah terlalu galak dan menusuk perasaan pemerintah akhirnya di breidel.Dan stasiun Jaks News itu di beli oleh Kompas dan diganti dengan radio yang menyiarkan onderdil mobil.hahahahahaha. sejak itu terjadi kevakuman selama hampir 2 tahun,baru kemudian menemukan kantor berita radio,98 H .Dan yang terakhir ini dua bulan menjelasng Gus Dur meninggal juga memutuskan hubungan.Karena dianggap terlalu menusuk dan mengkritisi pemerintah.


Wali Makkah

Abdurahman wahid adalah putra Sulung KH Wahid hasyim,politisi dan pahlawan nasional,yang mengatur merah putihnya negeri ini,KH Wahid Hasyim adalah Putra KH Hasyim Asy Ari,KH Hasyim Asy Ari,putra KH As Ari, KH Hasyim Asy Asy Ari juga menjadi menantu hadratusy syeikh KH Yaqub al Maki. Maka ketika mudannya KH Hasyim Asy Ari pernah tinggal di Makah dan memiliki seorang Putra sayangnya istri dan Putra beliau yang pertama meninggal di Makah.lalu beliau kembali ke tanah air.

KH Wahid Hasyim sebgai putra Ulama besar dan muncul sebagai pengganti orang tuannya di panggung panggung politik.Bahkan penguasa Jepang Laksamana Maeda,ketika akan menyerahkan kekuasaan kepada Indonesia menghubungi KH Wahid Hasyim,kemudian KH wahid Hasyim melaporkan kepada sang Ayahnda KH Hasyim Asy Ari,oleh sang ayahndanya beliau diminta mencari Soekarno dan Hatta. " Hasyim yang mengerti urusan negara itu Soekarno dan Hatta,coba kamu temui dia dan minta laksamana Maeda menyerahkan kekuasaan kepada Soekarno,bukan kepada kita.Kita mengatur agama bukan mengatur pemerintahan ,kita menggarap sesutau yang kita fahami saja."

Mungkin karena melihat Nur kewalian bapaknya yang zuhud,dan sanagat wira'i,Wahid Hasyim muda ingin memiiki anak yang menyamai bapaknya,maka sejak gus Dur dalam kandungan sampai dengan usia Gus Dur 13 tahun,KH Wahid Hasyim berpuasa untuk putranya ini.Sejak kecil sang adhakhil diajak bapaknya kemana mana bahkan ketika menghadiri konferensi Asia Afrika beliau juga mengajak Gus Dur.Dan saat itu lawan politiknya menemukan momentum yang bagus.Mobil KH Wahid hasyim di tabrak dengan mobil truk tentara yang besar,sehingga hancur berantakan,ketika berjalan dari jakarta ke Bandung.Huebatnya gus Dur tidak mati,meskipun mobilnya remuk tanpa bentuk Gus Dur bisa terlontar di rerumputan tanpa di ketahui oleh penabraknya sehingga selama sampai dewasa tidak sempat dibunuh seperti sang bapak.

Sejak itulah Gus Dur melakukan pengembaraan.Ngenger bahasa jawanya,ikut dari satu tokoh ke tokoh lain.Bahkan dalam usia 11 Tahun Gus Dur yang masih di banku SMP pernah di titipkan sang orang tua ke rumah Kiyai paling berpengaruh di kota betawi ini,Tepatnya KH Guru Marzuki,di daerah Cipinang Muara.Jakarta Timur,Gus Dur juga petnah di titipkan di KH Ali Maksum,,Rois Syuriah PBNU zaman baheula.di Krapyak yogyakarta,kemudian juga ngaji di Simbah KH Khudhori magelang,bapak KH Abdurahman Khudhori. Juga pernah ngaji di broederan daerah Kediri untuk mempelajari bahasa Belanda.

KH Mustofa Bisrri dan KH Mahfud Salatiga yang menjadi teman belajar di Mesir,di Irak dan Iran,menemukan sosok Gus Dur yang huebat luar buiasa,Dia tidak pernah menyelesaikan sekolah di luar negerinya,begiitu dosen memberikan pelajaran dan menyampaikan buku buku yang harus dibaca,maka gus dur menyelesaikan program lima tahunnya dengan 2 bulan belajar.Semua orang tidak mengerti dan tidak faham kenapa gus dur,pintar,ternyata setelah di khubur baru ketahuan bahwa gus DUIr ternyata menguasai 9 bahasa,dan memegang 28 buah gelar doktor dari universitas besar di dunia ini.

Gus Dur bukan hanya belajar,Gus Dur juga memiliki genetika dan keturunan orang hebat,selain itu gus Dur yang dawam wudlu dan tidak sdetikpun melafadkan Allahu dan lha ilaha illallah,dan tangannya uwal uwil itu menuliskan fatekhah setiap hati 1111 tulisan khatam fatekhah. Namun toh setiap saat bertemu dengan ku dia selalu berpesan untuk di doakan,setiap kali bertemu dia mengabarkan tentang alam akherat yang dia lalui bersama dengan bapak dan tokoh tokoh terdahulu. Bahwa hari hari terakhir dia bersama bingki wirawan,orang pada terkecoh.dan salah tafsir.

"Gus nejengan pernah mendengar kisah Uwais al Qorni ndak",kata beliau kepadaku dalam suatukesempatan,setelah kongkow di Hutan Kayu. Saya jawab pernah Gus. dos pundi to kataku mencoba mencari takwil.

Lha hiya,siapa yang tidak mengenal kehebatan Sayidina Umar,Sakit makrifatnya,dia saking loyalnya dia kepada nabi,saking beraninya dia membela Islam,sampai masuk barisan doa Rosul,Ya Allah besarkan Islam dengan dengan dua Umar,yaitu ; Amr bin Ash dan Umar Ibn Khottob. Tetapi dalam suatu kesempatan Rosul memeinta kepada sayidina Umar untuk menemui Uwais Al Qorni. Wahai Umar Temuilah Uwais Al Qorni,sampaikan salam saya dan mintalah dia mendoakan dirimu.

Padahal Uwais ini sangatlah sederhana,dan anak seorang janda dan tidak ada yang menganggap sang pemuda ini adalah ilmuwan apalagi ulama kondang. Ini lho Gus ,kalau saya bergaul dengan Bingki dan orang orang yang jauh lebih muda denganku seperti Sirait alias setan penyiar Jaks News,bukan karena karena saya menyerap ilmunya.Tetapi untuk mengaburkan pandangan orang agar saya tidak terlalu terbelenggu dengan ketatnya aturan ilmu yang saya sandang.Masak pemegang gelar doktor kok begitu,masa ulama kok begitu,gitu lho gus.

Orang dulu seperti Mbah hamid Pasuruan juga malah kadang menyaru seperti pengemis dan menggelandang kemana mana sambil merokok di pinggir pinggir pasar,dan orang tidak tahu kalau sang gelandangan itu sesungguhnya wali besar. Karena memang di kediaman beliau ada Mbah Hamid juga.

Lho kok begitu gus ,tanya saya tidak faham.Iya di dunia ini ada Malaikat fil Ardhi,malaikat Allah yang memang ditugaskan turun ke Bumi.Ini biasa di sebut dengan Rijalul Ghoib. Nah Rijalul ghoib itu belajar ngaji ke Mbah Hamid Pasuruan,maka kadang kadang si malaikat ini di minta menyaru sebagai dirinya.Dan mbah Hamid sendiri keluyuran kemana mana dengan pakaina yang se adanya agar tidak dikenali orang.

Untuk apa demikian Gus.? ya untuk mensisakan waktunya untuk Allah.kalau Ulama itu kan setiap hari didatangi tamu,cvoba bayangkan saya sendiri setiap subuh sudah ditungguin tamu ber bus bus dari berbagai daerah.Apalagi mbah Hamid Pasuruan. dengan menyaru sebagai pengemis begitu maka dia bisa berasyik masyuk dengan Allah sang kekasihnya.

Lha kalau demikian jangan jangan yang saya ajak bicara ini bukan Gus Dur yang Gus Dur,kata saya ragu dan penuh tanya. Di jawab oleh Gus Dur dengan tawanya yang lepas sembari nyeletuk,ala Gus Nuril ini gitu aja kok repot..........................

Gus saya akan mencatat kejadian yang demikian ini sebagai iktibar,boleh nggak.
dijawab Gus Dur Boleh boleh saja.
saya muat di face book boleh
boleh saja.,,,
baiklah kalau begitu aakan saya tulis Gus Dur dan Ilmu Laduni 1..........sampai entah boleh ?
boleh boleh,sambil menutup pembnicaraannya dia ngorok ....groookkkk sungguh damai sang adhakhil ini meskipun yubuhnya renta dan di gerogoti penyakit bermacam macam,tetapi semangatnya menebar kasih sangat ajaib.

Selamat jalan sahabatku.........



Lainnya :

8 komentar:

  1. We so appreciate your website post. You'll find many tactics we could place it to actually good use considering the minimal effort soon enough and savings. Thanks a lot really intended for helping contain the post reply many issues we certainly have encounter prior to this.

    My site - danon jewellery fashion jewelry

    BalasHapus
  2. Hey just wanted to give you a quick heads up. The words in your post seem to be
    running off the screen in Safari. I'm not sure if this is a format issue or something to do with web browser compatibility but I figured I'd post to let you know.
    The style and design look great though! Hope you get the problem fixed soon.

    Many thanks

    Check out my web site: kathw95cga.ontheroad.to

    BalasHapus
  3. I love reading a post that will make people think. Also, thanks for allowing
    for me to comment!

    My blog post www.Privatecloudandhosting.info

    BalasHapus
  4. There are most individuals precise mistakes in this information and subsequently it
    is misinforming.

    Also visit my webpage ... xerox phaser 8560 color printer

    BalasHapus
  5. Why visitors still make use of to read news papers when in this technological world all is available on net?


    my page ... Hultquist Rings

    BalasHapus
  6. Thanks in favor of sharing such a good idea, post is nice, thats why
    i have read it completely

    Visit my website - pilgrim jewellery debenhams

    BalasHapus
  7. This design is spectacular! You obviously know
    how to keep a reader amused. Between your wit and your videos, I was
    almost moved to start my own blog (well, almost..
    .HaHa!) Excellent job. I really enjoyed what you had to say, and more than that, how you presented it.

    Too cool!

    My web site xerox 8560 error codes

    BalasHapus
  8. hi my plasma screen tv has wierd color patterns it goes from green lines to blue lines to normal, then it reoaeats it over and over.
    Is it a cracked plasma bulb or is it unfixable.

    Feel free to visit my web blog; LG 42ls5600 TV

    BalasHapus