Cari di Blog ini

Translate

Gunakan Ctrl+F untuk mencari kata dalam halaman ini

Kamis, 01 Juli 2010

Menyapa Bangsa Dengan Taman Hati (3)

Oleh : KH. Nuril Arifin (Gus Nuril Arifin)



Ini adalah tulisan (note) ke-3 Gus Nuril Arifin di facebook yang dibuat tanggal 21 Februari 2010.

Berikut adalah Note Beliau MENYAPA BANGSA DGN TAMANHATI (3)


Laboratorium Religius

Suatu ketika saya kedatangan tamu,yang mengaku sebagai pendeta kristen dari sinode gereja Isa Almasih,dia bernama Dr. Gunarto.Sth.Mhi ,diantar oleh sahabat saya yang kebetulan masih muda dan menjadi Provopst Banser PP Ansor,Gus Falikhin. Mereka dengan rombongannya sekitar 5 orang itu kami ajak ngobrol di ruang tamu depan Masjid Sokotunggal,sembari menikmati arsitektur pesantren yang mirip kuil berbentuk vihara .Pesantren kami memang unik. namanya juga tidak menunjukan ke arab araban,An Nuriyah Sokotunggal.Tetapi lebih dikenal dengan Pondok Pesantren Sokotunggal.

Nama pesantren ini mengambil dua lambang sekaligus,Yang pertama bersumber pada arsitek masjid memang hanya bertiang tunggal,alias Soko tunggal,maka kemudian orang mengenalnya sebagai Masjid Sokotunggal,dan Pondoknya juga disebut orang demikian.Barangkali juga nama itu tercetus begitu saja oleh Kyai Najib Abdullah,kasih nama saja Sokotunggal,karena memang belasan tahun silam saya uzlah di sebuah masjid di daerah Wangon Purbalingga,Masjid tersebut di bangun oleh Hamengkubuono ke IV,dan diberi nama Sokotunggal.

Yang kedua,An Nuriyah, nama ini sebenarnya mengambil nama depan saya Nuril Arifin Husein.Karena kepanjangan tidak di tulis An Nuriliyah pada plang nama (name board) tetapi menjadi An Nuriyah sekaligus menghormat kepada Istri Gus DUR.Maka kalau Gus Dur berpidato dalam acara tahunan di pesantren atau sekedar sambang karena ingin makan tongseng dan minum kopi kental yang tidak di awasi oleh Mbak Nuriyah atau ajudan ,beliau datang ke pondok.Kemudian kepada santri santri beliau mengatakan :
"Ngaji itu yang penting cinta kepada Gurunya,Ilmunya dan baru tempatnya.Tetapi disini kalian hanya boleh mencintai dua diantara tiga,yaitu mencintai guru dan Ilmu yang ketiga tidak boleh.Kalian di pesantren ini gak boleh mencintai Pesantren atau tempat ngajimu,karena dia bukan penganut Poliandri. Para santri bingung kemana arah bicara Gus dur.Mereka baru sadar setelah di jelaskan,bahwa nama depan pesantren An Nuriyah sokotunggal adalah Al bojoku.Yaitu Nuriyah. Lha kalau kalian semua mencintai dia, saya yang repot.dia bojoku ya hanya aku yang boleh mencintai dia.Kecuali berhadapan dan menang melawan panglima saya Gus Nuril,hahahahahaha," dan meledak lah tawa santri berderai bersama tawa Gus Dur sendiri tidak mampu menahan geli melihat wajah wajah bingung santri.

Ternyata kedatangan Pendeta Gunarto dan Kang Falikhin itu,untuk mengantar surat dari Gus Dur. yang berisi,permintaan,agar saya membantu pemerintah daerah menyelesaikan kasus pembongkaran Tempat Pelayanan Iman (TPI) Isa Al Masih,yang di obrak abrik dan diratakan dengan tanah oleh masyarakat Karang Roto.Padahal Bangunan itu baru seminggu selesai di bangun,tetapi menjadi hancur,termasuk keramik lantainya .Masyarakat yang lugu dan santun itu di kompori oleh kelompok radikal yang belakangan ini muncul semakin semarak dan membesar.setelah masalah ini rampung dan dapat diatasi dengan baik tanpa adanya ketegangan,maka saya semkin mengerti persoalan bangsa ini semakin tahun semakin runyam,kerukunan umat terancam,dan ketegangan itu seperti api dalam sekam.

Melihat data pengrusakan gereja dan hedonisme kelompok yang cukup besar ini hati semakin miris saja.Kemiskinan yang menjadi jadi,pengangguran bertambah banyak,GNP masyarakat tak kunjung naik,ditambah perilaku politisi yang memakai masa sebagai bemper kebenaran,juga beberapa kebijakan nasional ,plus pendangkalan pengamalan Pancasila dan UUD 45,membuat semua ini menemukan bentuknya dan semakin lama diyakini akan semakin besar dan bakal dapat menghancurkan kohesifitasness bangsa ini.

Apalagi pada dasarnya Agama Samawi (Agama Langit,atau Agama Wahyu yang bersumber dari Ibrahim,atau Abrahamiah) memupunyai progresifitas penyebaran yang kuat.Agama ini mendasarkan dak'wah atau pekabaran yang memang aktif .


Agama da'wah

Sebenarnya diluar agama Samawi atau Agama Wahyu ada agama yang kelahirannya jauh lebih dulu dengan umat yang cukup besar juga,yaitu Budha,dan Hindu,Juga Tao,atau Kong Hucu.tetapi agama agama ini tidak begitu pregresif sistem penyebarannya di tanah air,kecuali di daerah kelahirannya sana.sehingga sering juga kita saksikan antara Hindu dan penganut Budha berperang dan sebaliknya. Oleh sebab itu penekanan bahasan Pesantren Taman Hati ini,bertumpu kepada Islam adan Kristen & Katolik serta Yahudi.

Karena ketiga agama inilah yang sekarang demikian kuat menampakan bentuk kongkurensi,dan persainagan dalam dakwah.Yang Kristen,secara implisit ditugaskan Agama untuk mencari domba domba yang hilang,yang Islam diperintah untuk mengajak umata agar beranjak dari kegelapan ke terang Allah."Kuntum khoiro umat,Uhrijad lin nas,watakmuruna bil ma'ruf wayanhauna anil mukkar" Engkau adalah umat pilihan ,maka ajaklah manusia aberbuat kebaikan dan mencegah perbuatan buruk.

Apakah ada orang Yahudi atau agama Yahudi di tanah Air ? jawabnya ada hanya tidak berbentuk terang terangan,sebagaimana pertanyaan apakah ada Orang Syi'ah di tanah air ,Jawabnya ada juga cuma tidak terang terangan,dan Wahabiah apa ada ? Jawabnya ada dan sekarang mengambil bentuk nyata bersama Islam trans nasional.Islam inilah yang sekarang membentuk kekuatan baru yang amak memprihatinkan.

Kehancuran Turki Ottoman dibawah kekhalifahan Sultan ahmad stani ternyata tidak membuat Islam Suni dan ahlu sunah waljamaah mati. Iklim surga di tanah jawa membuat Islam berkembang dan ngremboko.Bukan hanaya Islam Kristen dan Katolik juga berkembang pesat di tanah jawa.Konidisi masyarakat jawa yang paripurna,menjadi ladang persemaian agama demikian subur.ajaran ajaran agama dapat diserab dengan mudah oleh kearifan lokal.Akibatnya kelompok wahabi ini tidak senang,dan mulai menunjukanm suatu gerakan masif ke tanah air.

Islam trans nasional yang bermuara dari ikhwanul Muslimin di mesir,bergandengan dengan wahabiah yang berpusat di Arab ,dan Qatar mencoba ikut bermain memperkeruh penyebaran ketiuga agama samawi itu.Apalagi setelah memiliki partai dan kino kino yang cukup masif dalam melakukan demo,sehingga mampu mengihilangkan gambaran arif dan lembutnya Islam.Bahkan kelo9mpok ini mampu mengambil alih,dan merebut penampakan Islam di tanah air.Sehingga mereka ini berperilaku seolah olah umat Islam Indonesia secara keseluruhan,padahal jumlah mereka sanagatlah tidak significan.Artinya sangat kecil,dibanding masa NU yang 65 juta lebih.

" Dan sesungguhnya tidak ada orang yang membenci kepada agama Ibrahim,melainkan orang yang memperbodoh dirinya.Dan sesungguhnya Kami telah memilih dirinya di Dunia dan di Akherat dia termasuk orang orang yang sholih" (QS,Albaqoroh. 2;130 ).

"Dan ingatlah ketika Allah berfirman kepadanya, " Islam" lah kamu,Ibrahim menjawab ; Saya telah Islam kepada Tuhannya alam semesta (QS,Al Baqoroh. 2;131 )

"Dan Ibrahim telah mewasiatkan ke Islaman itu kepada kepada anak anaknya,demikian pula Ya'qub,Ibrahim berkata ;Hai anak anak ku sesungguhnya Allah telah memilih agama Islam untuk kamu,maka jangan kamu mati melainkan dalam keadaan Muslim".(QS Albaqoroh.2:132).

"Adakah kalaian hadir ketika ya'qub menjelang ajalnya ?yaitu ketika kemudian dia berpesan kepada anak anaknya ;Aapakah yang hendaka kalian sembah ,sepeninggalku ? mereka menjawab ;Kami akan menyembah Tuhan Mu yaitu Tuhan yang Maha esa dan kami berserah diri (Taslim/Muslim) kepada Nya" (QS Albaqoroh ;2;133).

Maka sesungguhnya agama di dunia ini adalah Islam sejak zaman Nabi Adam dan nabi nabi sesudahnya,baik yang ada di dalam alqur'an maupun yang di injil dan Yahudi.maupun yang tidak tercatat di kitab kitab.karena sesungguhnya Allah menebarkan nabinya sebanyak 319.000 nabi.mereka ini seperti kunang kunang di kegelapan malam menjadi penunjuk jalan,juru selamat dan penyampai firman tuhannya.ada yang sukses dan luar biasa besar umatnya ada yang kecil bahkan terhukum,ada ayang besar kerajaannya ada yang kerajaannya hilang bahkan anak istrinyapun lari meninggalkannya,karena penyakit kudis yang tak kunjung sembuh.Ada yang menjadi Ulul azmi,ada yang menajadi Imamul ambiya' wal Mursalin,aada yang tidak terkenal dimana tempatnya,tetapi sesungguhnya dia adalah guru para nabi.Bahkan Musa yang memiliki 14 mu'zizatpun berguru kepadaya,yakni Khidlir,Alaihi salam.

Allah memilihkan agama ini dengan cermat,secara bertyahap semakin baik,genap dan menjadi sempurna.Dari hukum yang sama Taurat,lewat"the ten Comandement",di genapi oleh Isa Al Masih dan menjadi sempurna setelah sampai di tangan Rosul Muhammad Saw.maka mari kita lihat tamanhati Allah itu kemudian mendunia menjadi Tamansari agama agama manusia dengan warna warninya,ada yang sesemerbak padma,ada yang wanginya seperti wijaya Kusuma,ada seperti Melati,bahkan seharum Mawar,dan seindah sedap malam.Ada yanag sepuitih wakura tetapi ada yang merah saga seperti teratai.

"Katakanlah kami beriman kepada Allah dan yang diturunkan kepada kami,dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, ishaq, ya'qub dan anak cucunya dana apa yang diberikan kepada Nabi Nabi dari Tuhannya.Kami tidak membeda bedakan seorangpun dianatara mereka dan kami hanya berserah diri kepada Nya" (QS Albaqoroh 2;136) dan tiadalah Ibrahim itu orang YAHUDI dan tidak pula orang NASRANI tetapi dia seorang yang lurus lagi Muslim,dan dia tidak termasuk orang orang Musyrik/menye kutukan Allah (QS Ali Imron 3;67) ,hani fam muslima wama ana minal Musyrikin.

Bahwa setiap agama adalah harus diyaqini penganutnya yang paling benar,itu wajib.Sangat aneh kalau orang kristen mengatakan Islam itu benar,kristen juga benar,demikian pula orang Islam mengatakan Kristen benar dan Islam Benar.dan orang Yahudi mengatakan Yahudi benar dan islam juga benar.karena kemudian tidak ada garis Iman.Bahwa Nasi itu halal adalah iya.Tetapi Nasi kebuli orang arab bagi orang arab pasti lebih nikmat .Demikian pula roti cane bagi orang India poasti lebih nikmat dari pada nasi kebuli.Dan Nasi goreng bagi bangsa Indonesia akan lebih nikmat jika ditambah gorengan babat atau empal,dibanding nasi kebuli yang berbau rempah rempah.Namun nasi steik lebih hebat di mulut bangsa eropa,dibandingkan nasi goreng yang juga digemari bangsa Belanda.

Penulis ingin mengatakan bahwa semua agama itu benar,tetapi bagi pemeluknya yang paling benar adalah agamanya.Penulis ber agama Islam,maka penulis akan mengatakan Agama di mata saya yang paling benar adalah Islam. Penulis tidak akan makan babi,karena perintah agama,tetapi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta kebersamaan beragama,tentu penulis tidak akan memaksa orang lain untuk tidak makan babi kan ?

Allah sendirilah yang menun jukan Cahayanya kepada yang dikehendakinya. Maka Musa meskipun di didik oleh Farau,atau Ramses II atau fir'aun, dia tidak kafir,dia tetap beriman kepada Allah,atau Yahwe.Namun anak Nabi Nuh meskipun di didik dengan penuh kasih sayang di bimbing setiap saat,toh Kan'an tidak dapat diselamatkan oleh Nuh.dan demikian halnya Istri Luth, (looth) sepupu Ibrahim ,ini tidak selamat dari amukan api yang ditimpakan kepada kaum sodom dan Gomora.Yahdillahu linurihi mayasa'

Imam Ibnu Taimiyah seorang Ulama yang lahir pada masa aperang salib, menegaskan Bahwa pengajaran semua nabi adalah sama dan satu yaitu Islam.meskipun syariatnya berbeda beda itru karena oleh Alolah disesuaikan dengan zamannya masing masing.Oleh karena itu asal usul agama adalah ISLAM yaitu berserah diri kepada Tuhanatau mengikuti agama Allah (Tauhid) sebagaimana firman Allah dalam Asy syura (QS 42;13);

"Allah telah mensyari'atkan (memerintahkan) Agama sebagaimana yang telah diwasiatkannya kepada Nuh,dan Yang kami wahyukan kepadamu (Muhammad) dan kami wasiatkan kepada Ibrahim,Musa dan Isa yaitu Tegak kanlah agama Allah dan jangan kamu berbepecah belah padanya,(karenannya),berat bagi orang orang musyrik terhadap agama yang kamu serukan kepada mereka.Allah memilih agama itu kepada siapa yang dia kehendaki ,dan memberi petunjuk kepada Agamanya itu,orang yang kembali kepada Nya.

Dasar inilah yang membuat penulis bersama sama rekan rekan seperti Pastur Jimmy,dan temen temen ber semangat untuk mengaplikasikana ide gus dur yang belum terjawab.yakni ingin membangun Isme Alternatif,dengan fondasi Labortaorium Multi agama,atau pesantren Taman Hati di daerah Ci kampek,bagaimana itu..........baca pada Taman hati ke 4 dan akan kami akhiri tulisan ini ke seri 5 .Insya Allah kalau Allah masih memperpanjang umurku.



Lainnya :

1 komentar: